Smartphone 5G BlackBerry yang Gagal Sebelum Dirilis

Smartphone 5G BlackBerry

Pada tahun 2021 lalu pemilik lisensi BlackBerry, OnwardMobility, dengan percaya diri mengatakan bahwa ponsel 5G yang tengah digarap perusahaannya akan diluncurkan. Namun, rencana itu dikabarkan gagal total. Ponsel 5G BlackBerry yang digarap OnwardMobility dilaporkan sudah mati sebelum dirilis. Kabar tersebut berasal dari laporan pendiri forum CrackBerry, Kevin Michaluk. CrackBerry adalah situs populer di internet yang berisi informasi dan diskusi seputar perangkat BlackBerry. Dalam laporan tersebut, Michaluk mengatakan bahwa BlackBerry telah membatalkan perpanjangan lisensi penggunaan merek tersebut, setelah mereka menjual paten ponselnya kepada Catapult IP Innovations.

Paten tersebut dijual senilai 600 juta dolar AS (sekitar Rp 8,6 triliun) beberapa pekan lalu. Michaluk juga menyebut bahwa BlackBerry tengah berbenah diri dan mencoba menjauh dari bisnis smartphone. Sehingga, bisa dibilang cukup wajar apabila lisensi penggunaan merek yang dimiliki OnwardMobility tadi tidak diperpanjang. Laporan tersebut juga dibenarkan oleh situs teknologi Android Police.

Selain lisensi ada masalah lain yang membuat ponsel 5G BlackBerry ini harus batal diluncurkan. Masalah pasokan komponen ponsel, serta visi CEO BlackBerry yang konon bakal beralih ke perusahaan smartphone lain, diklaim sebagai faktor pendukung lain. Belum diketahui apakah OnwardMobility bakal tetap melanjutkan smartphone 5G yang tengah dikembangkannya itu ke publik atau tidak. Terlebih, wujud ponsel 5G tersebut, begitu juga kepastian terkait nasib perangkat tersebut, hingga saat ini belum diumumkan OnwardMobility.

Jika produk garapan OnwardMobility tetap terwujud, maka mereknya kemungkinan tak akan mengusung nama BlackBerry. Sebelumnya, OnwardMobility sendiri sempat mengumbar proyek ponsel 5G BlackBerry mereka pada pertengahan 2021 lalu. Bahkan, pengguna yang berminat membeli ponsel tersebut bisa mendaftarkan diri di situs onwardmobility.com untuk mendapatkan berbagai benefit, ketika ponsel 5G BlackBerry tersebut dirilis ke publik. Hingga kini situs tersebut tampak masih menerima pendaftaran bagi konsumen yang tertarik membeli ponsel 5G BlackBerry misterius tersebut. Konon, ponsel tersebut bakal mengusung tampilan khas ponsel BlackBerry pada umumnya, yaitu memiliki keyboard QWERTY fisik, dan desainnya disebut bakal mirip dengan BlackBerry Priv dan dibekali dengan sistem operasi Android.