Wisata Pantai Pangumbahan di Kabupaten Sukabumi

Pantai Pangumbahan sukabumi

Pantai Pangumbahan ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan memerlukan kendaraan yang prima. Sebab, perjalanan dari Kota Sukabumi ke Pangumbahan berjarak 109.5 KM dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 47 menit via Jampang Kulon-Ujung Genteng. Sementara itu jika pengunjung memulai perjalanan dari Bandung maka bisa melewati Cianjur – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Gunungbatu. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 7 jam 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 205,5 KM.

Bebatuan tertua di Jawa Barat yang berada di sekitar garis Pantai Pangumbahan, menghasilkan kuarsa atau pasir silika yang biasa digunakan sebagai penyaring alami saluran air. Menariknya, pasir silika yang terlihat putih dan bersih ini akan memancarkan kemilau saat dipayungi sinar matahari. Warga sekitar dan wisatawan bisa memanfaatkan pasir silika ini untuk bermain voli pasir.

Pantai Pangumbahan ini juga merupakan habitat penyu hijau, di sini penyu-penyu hijau berlalu lalang dan bertelur. Wisatawan bisa mendokumentasikan proses pelepasan hewan yang dilindungi ini ke laut lepas.

Sebagai pengingat wisatawan diimbau hati-hati ya, jangan sampai mengganggu kelangsungan hidup penyu tersebut. Keberadaan penyu-penyu ini juga dikarenakan kondisi di Pantai Pangumbahan yang masih alami, oleh karena itu di sana masih belum banyak penginapan atau hotel-hotel untuk menampung wisatawan.

Lain halnya dengan Pantai Pangandaran atau Palabuhan Ratu yang ramai dikunjungi wisatawan, Pangumbahan terbilang masih belum begitu ramai. Hal itu membuat pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri.